Sejarah Radio Pertama Kali

Sejarah Radio Pertama Kali

Sejarah Radio Pertama Kali Dalam https://www.sbobetcb.com/ masyarakat modern, radio adalah teknologi umum di mobil dan di rumah. Kenyataannya, di dunia sekarang ini orang akan sulit sekali menemukan orang yang belum pernah mendengar, melihat, atau menggunakan radio selama hidupnya, tidak peduli berapa usia atau muda mereka.

Ini tidak selalu terjadi, namun. Sebelum abad ke-19, komunikasi radio nirkabel dalam kehidupan sehari-hari hanyalah fantasi. Bahkan setelah perkembangan radio di akhir 1800-an, butuh bertahun-tahun sebelum radio menjadi arus utama dan menjadi perlengkapan rumah tangga. Sejarah radio sangat menarik yang mengubah cara dunia terhubung dan berkomunikasi dari jarak jauh dan dekat.

Sementara radio menikmati sejarah yang panjang dan menarik, permulaan awalnya masih cukup kontroversial. Ada beberapa perdebatan tentang siapa sebenarnya yang menemukan radio. Meskipun kita mungkin tidak mengetahui dengan pasti siapa yang membuat perangkat radio pertama, kita tahu bahwa pada tahun 1893 penemu Nikolai Tesla mendemonstrasikan radio nirkabel di St. Louis, Missouri. Terlepas dari demonstrasi ini, Guglielmo Marconi adalah orang yang paling sering disebut sebagai bapak dan penemu radio.

Itu adalah Marconi yang dianugerahi paten telegrafi nirkabel pertama di Inggris pada tahun 1896, mengamankan tempatnya dalam sejarah radio. Namun, setahun kemudian, Tesla mengajukan paten untuk radio dasarnya di Amerika Serikat. Permintaan patennya diberikan pada tahun 1900, empat tahun penuh setelah paten Marconi diberikan. Terlepas dari siapa yang menciptakan radio pertama, pada 12 Desember 1901, tempat Marconi dalam sejarah selamanya disegel ketika ia menjadi orang pertama yang mengirimkan sinyal melintasi Samudra Atlantik.

Sebelum dan Selama Perang Dunia I

Sejarah Radio Pertama Kali

Sebelum tahun 1920-an, radio terutama digunakan untuk menghubungi kapal-kapal yang berada di laut. Komunikasi radio tidak begitu jelas, sehingga operator biasanya mengandalkan penggunaan pesan kode Morse. Ini sangat bermanfaat bagi kapal-kapal di dalam air, terutama selama situasi darurat.

Dengan Perang Dunia I, pentingnya radio menjadi jelas dan kegunaannya meningkat secara signifikan. Selama perang, militer menggunakannya hampir secara eksklusif dan menjadi alat yang sangat berharga dalam mengirim dan menerima pesan ke angkatan bersenjata secara real time, tanpa memerlukan utusan fisik.

Radio dan Tahun 1920-an

Pada 1920-an, setelah perang, warga sipil mulai membeli radio untuk penggunaan pribadi. Di seluruh AS dan Eropa, stasiun penyiaran seperti KDKA di Pittsburgh, Pennsylvania dan British Broadcasting Company (BBC) Inggris mulai muncul ke permukaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.